7 Gerakan Senam Mata bersumber dari Oei Gin Djing, Akupunkturis

TERKEJUT SAYA / Oei Gin Djing, membaca karya tulis dari beberapa orang yang menggunakan karya Oei Gin Djing/saya, tanpa mencantumkan nama Oei Gin Djing dan sumber yang disebutkan adalah orang yang tidak berhak menyatakan Senam Mata Oei Gin Djing sebagai karyanya. Jelas skali gambar yang berasal dari tabloid GAYA HIDUP SEHAT dipotong-potong dan keterangannya dijiplak/diplagiat tanpa improvisasi.

Silahkan bagi yang berminat meneliti karya tulis ringkas dibawah ini, etis atau tidak etis, satu hal yang sangat disayangkan adalah dihilangkannya pemanfaatan batu GIOK untuk penunjang SENAM MATA. Apalagi bila yang dibahas adalah sindrom penyakit mata akibat TEHNOLOGI LAYAR ELEKTRONIK, dalam hal ini bukan hanya komputer. Agar Anda para pembaca lebih jelas dan untuk mendapatkan ilmu yang benar, silahkan baca Buku TERAPI MATA DENGAN PIJAT DAN RAMUAN yang ditulis oleh Oei Gin Djing, atau baca Blog/Web Oei Gin Djing yaitu:

AkupunkturPijatPrana.wordpress.com

atau di Google : akupunktur-oeigindjing

 

KARYA TULIS RINGKAS YANG DIMAKSUD :

Mengatasi Computer Vision Syndhrome (CVS) dengan Senam Mata

Kiriman Handalas NP dkk, mahasiswa Desain Komunikasi Visual ISIDenpasar

Latar Belakang

Dewasa ini perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sudah semakin pesat dari Handphone, Komputer , dan alat  komunikasi lainnya yang semakin banyak di konsumsi remaja sekarang yang notabena adalah sebagai penerus bangsa. Sebagai penerus bangsa, sudah semestinya memiliki kualitas intelektual yang bagus.

Pada faktanya hal ini tidak selalu sesuai dengan harapan, karena tidak selamanya kemajuan teknologi khususnya komputer berdampak baik bagi kesehatan individu pemakainya. Salah satu gangguan kesehatan yang terjadi adalah Computer Vision Syndhrome yaitu kelelahan mata yang dapat mengakibatkan sakit kepala, penglihatan seolah ganda, pengelihatan silau terhadap cahaya di waktu malam, dan berbagai masalah pengelihatan lainnya. Persatuan dokter mata Amerika mendefinisikan CVS sebagai kumpulan gejala okuler (mata) maupun non okuler, yang timbul selama atau setelah bekerja di depan monitor komputer. Mekanisme terjadinya CVS diduga merupakan akibat gabungan dari faktor permukaan mata, akomodasi, karakteristik komputer, juga oleh faktor eksternal (seperti pencahayaan dan tata ruang). Yang dalam jangka panjang dapat menimbulkan gangguan mata lainnya seperti rabun dekat, silinder, bahkan katarak.

Hal ini di sebabkan oleh adanya radiasi layar monitor komputer yang mengandung gelombang beta pada monitor mengakibatkan kerusakan pada retina. Menurut penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, pancaran radiasi gelombang beta yang ditimbulkan oleh monitor komputer. Perlu diketahui, monitor komputer produksi mulai tahun 2004 telah menyertakan sebuah komponen silikon radioaktif lemah yang mampu membuat warna XVGA lebih cerah dengan biaya yang murah. Pancaran radioaktif ini akan terus aktif hingga meluruh habis selama 20 tahun. Kerusakan pada mata tidak bersifat langsung, tetapi bersifat gradual.

Saat Anda melakukan kegiatan di depan komputer dalam waktu yang lama, sebaiknya anda perlu mengistirahatkan mata dengan menutupnya selama 5 menit secara berkala. Karena pencahayaan yang terlalu terang pada layar komputer akan membuat mata menjadi silau dan jika cahayanya terlalu buram akan membuat kinerja mata meningkat untuk melihat sehingga menimbulkan kelelahan.

Tujuan

Adapun tujuan dari gagasan ini adalah :

–          Mengatasi masalah penyakit  mata dengan melakukan senam mata

 

Manfaat

–          Para pengguna komputer atau alat komunikasi lainnya memiliki penglihatan yang sehat

–          Terhindar dari gangguan pengelihatan pada usia dini


 

GAGASAN

Penggunaan barang – barang elektronik yang semakin lama semakin mendorong manusia untuk menjalankan gaya hidup serba praktis dari makanan, transportasi, dan  komunikasi yang dapat di lakukan hanya dengan satu media yaitu melalui komputer, ini yang kemudian menjadi satu sorotan adalah  pada kesehatan mata. Bukan hanya dari orang – orang dewasa bahkan anak – anak usia dini juga telah terlibat di dalamnya.

Kondisi ini dapat diatasi dengan penggunaan lensa kontak yang notabena efisien dalam penggunaanya, karena mudah digunakan, praktis, serta sebagai daya tarik tersendiri yang banyak digunakan oleh remaja masa kini, tetapi kelelahan mata akan lebih cepat terasa, karena mata yang dalam keadaan memfokuskan ke layar monitor akan jarang berkedip sehingga bola mata cepat menjadi kering inilah yang menyebabkan timbulnya gesekan antara lensa dan kelopak mata serta ruang berpendingin (AC) akan lebih memperparah gesekan tersebut, karena udara ruangan ber AC akan kering sehingga air mata akan ikut menguap.            Menurut Oei Gin Djing, senam mata adalah cara mudah untuk melatih mata agar dapat melihat indahnya dunia. Untuk operator komputer yang bekerja 8 jam per hari terus menerus,              ternyata radiasi yang keluar dari komputer (khususnya sinar-X) sangat rendah yaitu sekitar 0,01739 m Rem per tahun. Harga tersebut jauh lebih rendah dari pada radiasi yang berasal dari sinar kosmis dan dari radiasi bumi (terresterial radiation) yang berkisar 145 m Rem per tahun. Sedangkan laju dosis radiasi yang diizinkan untuk masyarakat umum adalah 500 m Rem per tahun.

Akhir – akhir ini banyak dijual kaca filter untuk layar monitor yang dipromosikan sebagai filter radiasi yang keluar dari komputer. Kaca filter yang dijual di pasaran lebih sesuai sebagai filter kesilauan dari cahaya layar komputer, bukan sebagai filter radiasi.

Melakukan senam mata merupakan salah satu gagasan yang fleksibel karena ini mudah dilakukan, tidak memakan waktu yang lama, tidak memerlukan tempat khusus, dan tidak memakan biaya. Senam mata ini sebaiknya dilakukan secara rutin karena mempunyai banyak manfaat, diantaranya  mengurangi atau menghilangkan penyakit mata, mencegah timbulnya tumor di belakang mata dan di kelenjar hipofisis ( pituari ), menghilangkan lingkaran dan bengkak di bawah mata atau menghilangkan kantong mata, mengurangi keriput di sekitar mata, membuat otot mata dan sekitarnya menjadi elastis dan kuat, serta mempertajam penglihatan.

GAMBAR_GAMBAR YANG DIGUNAKAN ADALAH MERUPAKAN POTONGAN_POTONGAN DARI TABLOID GAYA HIDUP SEHAT YANG BERISI 7 GERAKAN SENAM MATA OEI GIN DJING, AKUPUNKTURIS. Untuk hal ini silahkan Anda cari di internet. Saya sebagai sumber yang ASLI benar-benar merasa sedih.

Gerakan – gerakannya sebagai berikut:

–          Gerakan ke atas dan ke bawah

Gerakan mata ke atas dan ke bawah 5-10 kali setiap hari

–          Gerakkan ke kiri dan ke kanan

Bola mata bergerak ke kiri dan ke kanan 5-10 kali setiap harinya

 

–          Gerakkan bola mata tahan di atas

Tahan bola mata di atas. Lalu gerakkan ke kiri atas dan  kanan atas sebanyak 5-10 kali setiap hari

–          Gerakkan bola mata tahan di bawah

Tahan bola mata di bawah. Lalu gerakkan ke kiri bawah dan  kanan bawah sebanyak  5-10 kali setiap harinya

–          Gerakkan bola mata ke atas dan bawah pada sudut yang berlawanan

Dimulai dari pojok kiri atas ke pojok kanan bawah. Lakukan gerakan ini sebanyak 5-10 kali setiap hari.

–          Gerakkan bola mata seperti pada gerakan sebelumnya, tetapi dimulai dari pojok kiri bawah ke pojok kanan atas.

–          Putar bola mata ke kiri searah jarum jam sebanyak 5-10 kali.

Kemudian, putar bola mata ke kanan, berlawanan dengan arah jarum jam sebanyak 5-10 kali. Lakukan gerakan tadi sebanyak 5-10 kali.

(catatan: pada saat akan berganti di putaran ke kiri, hentikan dulu dan pejamkan mata selama 5-10 detik).

Untuk dapat memberikan informasi tentang senam mata ini yang sangat dibutuhkan bagi pekerja kantoran yang padahalnya mereka bekerja di depan komputer terus menerus, maka perlu kita ingatkan dari tempat bekerjanya dengan menempelkan poster poster atau kata- kata himbauan untuk menyempatkan senam mata. Selain itu ini juga perlu dilakukan pada warung internet (warnet) karena didalamnya banyak pengguna komputer yang menggunakan waktunya tidak hanya sebentar di sana. Dan dari sinilah semoga senam mata dapat membantu jika terjadi kelelahan mata.

Kita dapat memulai langkah dalam penyebaran informasi tersebut dari pemberian informasi secara lisan dari orang satu ke orang lain, dapat juga dengan menempelkan poster-poster himbauan senam mata yang sangat bermanfaat bagi mata kita. Dan jika orang sudah sering melakukannya maka kegiatan ini akan menjadi suatu kebiasaan.

KESIMPULAN

TEKS termasuk titik dan koma , dibawah ini  sama dengan isi dari BUKU TERAPI MATA DENGAN PIJAT DAN RAMUAN yang ditulis oleh Oei Gin Djing, Akupunkturis.

Menjaga kesehatan mata dan mengurangi dampak dari computer visual syndrom dapat dilakukan dengan cara senam mata. Senam mata sangat berguna bagi anda yang sering menggunakan mata saat bekerja. Seperti akuntan, ilmuwan, penjahit, pecinta buku, penulis, pelajar, ahli komputer, dan siapapun yang banyak memanfaatkan matanya. Senam ini bisa dilakukan dalam posisi berdiri, duduk, berbaring, maupun kondisi mata terpejam.

Lebih jauh, senam mata mempunyai banyak manfaat. Contohnya, mengurangi atau menghilangkan penyakit mata, mencegah timbulnya tumor di belakang mata dan di kelenjar hipofisis (pituari), menghilanqkan lingkaran dan bengkak di bawah mata atau menghilangkan kantong mata, mengurangi keriput di sekitar mata, membuat otot mata dan sekitarnya menjadi elastis dan kuat, serta mempertajam penglihatan.

Teknik implementasi yang akan dilakukan adalah melakukan hal sebagai berikut: gosok-gosok telapak tangan sampai panas. Kemudian tempelkan telapak tangan di mata selama 2,5 menit.

Manfaat yang dapat dicapai adalah mengurangi Computer Vision Syndhrome  (CVS), selain itu juga mengurangi atau menghilangkan penyakit mata, mencegah timbulnya tumor di belakang mata dan di kelenjar hipofisis ( pituari ), menghilangkan lingkaran dan bengkak di bawah mata atau menghilangkan kantong mata, mengurangi keriput di sekitar mata, membuat otot mata dan sekitarnya menjadi elastis dan kuat, serta mempertajam penglihatan

Daftar Pustaka    

HARUSNYA SEBAGAI SUMBER ADALAH OEI GIN DJING, bukan blog-blog  dibawah ini.

Yulian P, Ade. 2010. Mata Sehat Mata Indah. Yogyakarta : Pustaka Larasati.

http://yunitasulistya.wordpress.com

diakses pada 21-2-2011 (14:20)

http://www.resep.web.id/kesehatan

diakses pada 21-2-2011 (14:56)

http://www.wikipedia.com

diakses pada 21-2-2011 (15:56)

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Biodata Ketua Kelompok

Nama                           : Dewa Gede Raka Jana Nuraga

NIM                            : 201006065

Program Studi             : Desain Komunikasi Visual

Fakultas                       : Seni Rupa dan Desain

Institut                        : Institut Seni Indonesia Denpasar

Semester                      : II (dua)

Tempat/tgl lahir           : Gianyar, 6 Maret 1991

Alamat/No Telpon      : Jln. SMA 3 no.22 / 087860177904

Jenis kelamin               : Laki-laki

Agama                         : Hindu

Status                          : Belum menikah

Denpasar,22 Pebruari 2011

(Dewa Gede Raka Jana Nuraga )

NIM. 201006065

Biodata Anggota Kelompok

Nama                           : Wina Pertiwi Putri Wardani

NIM                            : 201006006

Program Studi             : Desain Komunikasi Visual

Fakultas                       : Seni Rupa dan Desain

Institut                        : Institut Seni Indonesia Denpasar

Semester                      : II (dua)

Tempat/tgl lahir           : Denpasar, 25 April 1992

Alamat/No Telpon      : JL. Serma Gede No.20 Denpasar

Jenis kelamin               : Perempuan

Agama                         : Hindu

Status                          : Belum menikah

Denpasar,22 Pebruari 2011

(Wina Pertiwi Putri Wardani )

NIM. 201006006

Biodata Anggota Kelompok

Nama                           : Handalas Nur Prabadewati

NIM                            : 201006014

Program Studi             : Desain Komunikasi Visual

Fakultas                       : Seni Rupa dan Desain

Institut                                    : Institut Seni Indonesia Denpasar

Semester                      : II ( dua )

Tempat/tgl lahir           : Jepara, 11 Juni 1992

Alamat/No Telpon      : Jl. Bayangkara, Br. Pasek , Jagapati Abiansemal Badung

Jenis kelamin               : Perempuan

Agama                         : Islam

Status                          : Belum Menikah

Denpasar,22 Pebruari 2011

( Handalas Nur Prabadewati )

NIM.201006014

Biodata Anggota Kelompok

Nama                           :  Putu Hegaputri Ayu Lestari

NIM                            : 2010 06 003

Program Studi             : Desain Komunikasi Visual

Fakultas                       : Seni Rupa dan Desain

Institut                        : Institut Seni Indonesia Denpasar

Semester                      : Dua ( II )

Tempat/tgl lahir           : Tangerang, 4 Mei 1993

Alamat/No Telpon      : Jln. Raya Lodtunduh No. 8 A Ubud / 081353386929

Jenis kelamin               : Perempuan

Agama                         : Hindu

Status                          : Belum Menikah

Denpasar, 22 Pebruari 2011

(Putu Hegaputri Ayu Lestari )

NIM.201006003

Biodata Anggota Kelompok

Nama                           : R. Koen Adji Pratama

NIM                            : 200805024

Program Studi             : Desain Interior

Fakultas                       : Seni Rupa dan Desain

Institut                        : Institut Seni Indonesia Denpasar

Semester                      : VI (enam )

Tempat/tgl lahir           : Nganjuk, 17 Juni 1990

Alamat/No Telpon      : Jl P. Saelus II Gang Mawar No 6B, Denpasar

Jenis kelamin               : Laki-Laki

Agama                         : Islam

Status                          : Belum menikah

Denpasar,22 Pebruari 2011

(R. Koen Adji Pratama )

NIM.200805024

Biodata Dosen Pendamping

Nama                           : Anis Raharjo, S. Sn., M. Sn.

NIP                             :197506102001121005

Tempat/tgl lahir           : Bantul, 10 Juni 1975

Pangkat/Golongan      : Penata TK I/ III D

Jabatan Terakhir          : Staf Pengajar / Dosen

Instansi                        : ISI Denpasar

Fakultas/Jurusan          : Fotografi /FSRD

Jenis Kelamin              : Laki-laki

Agama                         : Islam

Status                          : Sudah Menikah

Pendidikan Tertinggi : S2 Penciptaan Seni

Mata Kuliah yang Diasuh : Fotografi 4, Fotografi 6, Kritik Foto

Denpasar,22 Pebruari 2011

(Anis Raharjo,S.Sn, M.Sn)

NIP. 197506102001121005

Bagi adik-adik yang membuat karya tulis ini, agar diperbaiki dan disebutkan sumber yang benar, yaitu Oei Gin Djing, Akupunkturis karena inti dan pengembangan dari karya tulis yang dimaksud adalah dari buku TERAPI MATA dengan PIJAT dan RAMUAN, dan pernah dimuat di GAYA HIDUP SEHAT.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s